Rabu, 13 April 2011

Wii Fit, Olah Raga di Rumah

Akhirnya jadi juga beli Wii Fit. Ceritanya mau hidup sehat nih mumpung berenti ngerokok jadi sekalian aja bergaya hidup sehat. Pengennya sih olahraga rutin tiap hari minimal 30 menit, terus jaga makanan. Lumayan sejak berhenti merokok, kebiasaan jelek saya banyak yang hilang seperti pastinya rokok itu sendiri, selain rokok temen-temennya rokok juga jadi tidak tersentuh lagi seperti kopi dan teh botol. Sehari biasanya saya selalu minum 2 botol teh botol, tapi sekarang udah 2 minggu saya ga minum teh botol. Katanya terlalu banyak softdrink juga ga bagus buat kesehatan. Walau bagaimana pun air putih tetap lebih bagus, jadinya saya selalu memesan air putih saat makan diluar. Lagipula softdrink umumnya justru memancing keinginan untuk merokok.

Pertama saya coba Wii board-nya memang terasa agak aneh, tapi lama kelamaan menyenangkan juga. Mula-mula data-data mengenai saya dimasukan, seperti tanggal lahir, tinggi badan dan berat badan. Juga keseimbangan saya saat berdiri. Ternyata saya agak berat ke kiri, menurut si Wii efeknya adalah sakit pinggang di bagian kiri juga kaki kiri sering sakit. Gitu katanya dan saya rasa bener juga, saya selama ini selalu merasa sakit pinggang dibagian kiri. Wii juga mengukur BMI atau Body Mass Index saya. BMI adalah perbandingan antara berat badan dan tinggi badan. Ternyata hasil BMI saya cukup bagus, hanya kelebihan berat sedikit. Masih masuk kategori normal namun menurut Wii Fit, bagusnya BMI saya adalah 22 jadi perlu diturunin sedikit berat badan saya. 

Setelah data-data saya di proses, saya diminta menentukan target BMI saya dan kapan saya ingin target tersebut tercapai. Ini bagus banget menurut saya karena begitulah seharusnya kita memasang target. Tentukan targetnya lalu kapan target tersebut bisa tercapai. Ok saya set target BMI saya ke 22 dan tercapai dalam waktu 2 minggu. 

Selanjutnya saya mencoba berbagai olahraga yang ada di games Wii Fit. Istilah jaman sekarang, olahraga model begini disebut exergames, main game sambil olahraga. Pertama saya coba yoga, yup Wii Fit ada yoga. Seumur hidup saya belum pernah ber-yoga ria. Pertama saya pilih teknik pernafasan, ternyata mudah hanya menghirup udara dengan menggunakan nafas perut kemudian melepaskan perlahan lahan. Selanjutnya saya coba gerakan-gerakan yoga dari mulai Warrior Stance sampai Tree Position, lumayan juga berbulan-bulan ga pernah olahraga otot-otot jadi terasa ketarik semua. Kesimpulan, ternyata yoga asik juga. 

Setelah yoga, saya coba olah raga lain. Saya pilih Aerobik, lalu muncul banyak pilihan salah satunya basic running. Basic running tidak menggunakan Wii Board tp menggunakan Wii mote yang bisa saya pegang atau simpan disaku, setelah itu saya tinggal lari ditempat dan di tv ada karakter saya plus instruktur saya. Saya hanya diharuskan berlari mengikuti instruktur saya, tidak boleh menyalipnya dan tidak boleh tertinggal...itu saja. 

Saya juga coba tinju, dimana saya disuruh mengikuti gerakan sesuai pola yang diinstruksikan. Kemudian saya coba basic step, hula hoop, kungfu, dan banyak lagi games-games yang harus saya mainkan dengan menggerakan badan saya. Ternyata tidak terasa saya telah bermain selama 1 jam. Badan lumayan berkeringat seperti kita abis jogging keliling kompleks. Besoknya saya coba games lain. Exergames yang saya beli ga hanya Wii fit saja tapi juga beberapa games lainnya, dam 10 minutes solution nampaknya cocok dengan saya. 

Wii fit jelas lebih bagus daripada game konsol lainnya seperti PS3 atau Xbox jika kita lihat dari segi aktifitas fisik yang harus kita lakukan. Kalau dua konsol lainnya kita hanya duduk diam terpaku berjam-jam bermain Winning Eleven atau Final Fantasy. Wii sebaliknya, meskipun kurang dalam segi grafis tapi menawarkan sesuatu yang lain. Sesuatu yang lebih cocok untuk waktu saya saat ini. Sebuah game kasual yang tidak memakan waktu terlalu lama, dan kita bisa bermain sekaligus berolahraga. 

Tapi tetap saja Wii fit atau game-game yang menggunakan Wii board lainnya tidak akan menggantikan olahraga aktualnya. Main golf di Wii pastinya tidak akan sebagus main golf beneran. Meskipun demikian tetap lebih bagus dari game lainnya. Lagi pula khusus untuk saya, yang penting bagi saya adalah saya bergerak dan berkeringat selama 30 menit sehari. Itu saja sudah cukup bagi saya. Hal positif lainnya adalah saya jadi tertarik untuk ikut kelas yoga, ada yang bisa ngasih informasi dimana saya bisa latihan yoga di Bandung?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar