Selasa, 12 April 2011

Berhenti Merokok dan Somatisasi, Cemas berlebih, Depresi

Menurut beberapa sumber, ada efek psikis dari kekurangan nikotin diantaranya depresi dan cemas berlebih. Seandainya saya tau kalau suatu hari saya akan mengalami gangguan kejiwaan, mungkin dulu saya ga mau menyentuh rokok sejak semula. 



Yup, 5 tahun lalu saya ternyata didiagnosis mengalami somatisasi. Ceritanya cukup panjang tapi berakhir di UGD sebuah rumah sakit swasta, dokter jaga disana mengatakan saya tidak apa-apa. Saat itu jam 4 subuh saya merasa sesak nafas, dan jantung berdebar. Hasil EKG saat itu tidak ada gangguan apapun, begitu juga diagnosa paru-paru saya, malah  dokternya bingung ini pasien sesak kenapa. Akhirnya saya disuruh untuk konsultasi dengan psikolog. Beberapa hari kemudian saya disuruh menjawab 500 pertanyaan, semacam tes kejiwaan kalo ga salah namanya MMPI. Dan hasilnya???? Saya ternyata mengalami somatisasi, cemas berlebih (yg ini parah banget grafiknya) dan depresi. Wow!! Ga nyangka, meski diluar saya tidak terlihat seperti itu ternyata kedengarannya parah juga. 

Somatisasi apa sih? Definisi dalam bahasa kerennya saya ga tau, tapi intinya sih kalau sedang stress atau depresi saya akan merasa sakit disekitar tubuh. Padahal sebenarnya ga ada apa-apa dengan kesehatan saya, semua normal kayak tes EKG itu, jantung serasa berdebar tapi hasil EKG baik-baik aja. Biasanya saya merasa sakit disekitar dada lalu merasa bahwa saya terkena penyakit kanker paru-paru, atau jantung. Kadang merasa pusing, dan serasa ingin pingsan. Kadang juga jantung seperti berhenti berdetak 1 detik, dan lain-lain gejalanya. Semuanya hanya ada dipikiran saya saja tapi rasa sakitnya atau gangguan fisiknya terasa begitu nyata. Orang normal pasti dengan gampang bilang ah itu cuman pikiran kita aja, cuekin aja. Buat yang normal sih gampang, tapi kalau udah kena gangguan ya susah. 

Kalau depresi pasti udah pada tau, pokoknya sedih lah, murung, merasa putus asa, baik gara-gara masa lalu, atau masa depan. Nah orang kayak saya, pikirannya ga bisa diem disatu waktu, sering saya mundur kemasa lalu, atau maju ke masa depan....pikirannya yah bukan saya mampu melihat masa depan loh. Lalu yang paling mengganggu adalah cemas berlebih, kalau lagi kumat dan ga ketahan bisa muncul serangan panik. Entah udah berapa kali saya pergi ke UGD malam atau subuh, merasa sakit jantung atau kanker tapi hasil diagnosis dokter biasanya hanya MAAG!! Malu jadinya. Abis itu semuanya kembali tenang, jantung adem, dada plong, hanya lambung yg agak ga enak, dan saya bisa tidur nyenyak. 

Pernah suatu hari, saya lagi dikantor entah kenapa tiba-tiba saya merasa jantung ini seperti berhenti sebentar, atau istilahnya miss beat. Kepala langsung pusing, nafas serasa sesak, saya langsung ke rumah sakit. Masuk ke UGD diperiksa oleh susternya pake EKG, dan hasilnya ternyata ada gangguan sedikit kata si susternya. Kata "sedikit" saja sudah cukup membuat saya makin panik, badan terasa dingin jantung semakin berdebar, lemas semua badan. Saya diobservasi selama 2 jam menggunakan peralatan yang lebih canggih lagi, selang oxygen masuk ke hidung saya, berbagai kabel bertebaran di dada saya, bunyi "beep" konstan terdengar. Setelah hampir 2 jam observasi, dokter bilang ga ada apa-apa, jantung saya bagus. Lalu saya bilang kalau saya punya gangguan kejiwaan. Langsung saat itu juga dokter jaga yang kebetulan cantik bilang "Oooooo..." panjang. "Sebentar yah saya kasih obat dulu", lalu ga lama si dokter cantik balik lagi, "ini diminum", "apa ini dok?" tanya saya, "minum aja biar enak". Saya udah ngerti itu obat apa, ya udah saya minum. 

Beberapa menit kemudian setelah saya minum obatnya, berangsur-angsur saya mulai merasa pulih. Saya mulai becanda dengan istri saya yang datang begitu mendengar kabar saya masuk UGD, dia sih selama itu tenang-tenang aja karena kejadian saya lari ke UGD bukan untuk yg pertama kalinya. Perlahan rasa hangat mulai mengganti rasa dingin, dari kaki, ujung tangan dan bergerak perlahan ke arah dada. Lama kelamaan semua normal lagi dan saya liat sobekan obatnya tertulis tulisan Frisium. Saya pun pulang dijemput supir saya dan langsung menuju BSM karena istri saya perlu belanja bulanan, saya tertidur sepanjang perjalanan. Sampai BSM semua begitu terasa menyenangkan. 

Lalu apa hubungannya ama berhenti merokok? Ya seperti yang tadi udah saya tulis, efek psikis akibat kekurangan nikotin diantaranya, kecemasan dan depresi. Jadilah saya sering merasa cemas dan depresi. Contohnya nih, memang udah 3 minggu batuk saya ga sembuh-sembuh. Yang ada dipikiran saya saat serangan kecemasa datang adalah kanker paru-paru, padahal kalau saya sedang normal saya tau itu hanya karena Sinusitis aja. Saya hanya batuk saat subuh atau kedinginan, berdahak dan agak kehijauan, dan jika pagi hari dahaknya keluar batuknya pun reda. Dokter THT pun bilang begitu, saya alergi dingin dan mungkin karena saya berhenti merokok, dinginnya jadi lebih terasa dari biasanya. 

Biasanya saya cemas akan penyakit berat seperti jantung atau paru-paru. Tapi selama ini saya belum pernah takut rumah kerampokan, kemalingan, kecelakaan saat nyetir, dsb, biasanya hanya seputar penyakit. Semenjak berhenti nih, pikiran-pikiran seperti itu suka muncul dan saya bisa membayangkan kejadian tersebut terlalu jauh dan parahnya saya merasa kejadian yang ada dipikiran saya itu terjadi nyata, dulu psikolog saya juga sering bilang begitu. Butuh waktu cukup lama untuk sadar dari lamunan buruk itu dan efeknya biasanya terasa ke badan sampai seharian. Sungguh menyiksa. Ya saya tau, semua cuman ada dipikiran saya aja tapi itulah sulitnya bagi saya. Saat serangan kecemasan datang, logika saya tiba-tiba berjalan dengan aneh. 

Rasanya kalau masalah menahan rokok sih saya bisa-bisa aja setelah dua minggu ini, tapi efek psikologisnya yang lumayan berat. 

1 komentar:

  1. Saya merasakan juga semua yang anda tulis, terutama setelah 3 minggu berhenti merokok. Rasa cemas yang menyerang, jantung berdebar, terutama kalau malam hari. Pengennya ngacir ke UGD terus tiap kali hal seperti itu terjadi. Takut kalau kenapakenapa.

    Malam hari jadi terasa tak menyenangkan bagi saya. Padahal waktu masih merokok saya sangat menyukai malam hari. Bisa nonton TV, main game atau maen internet sambil merokok bebas di kamar saya. Saya masih single, jadi kalau merokok di kamar takada yang protes :)

    Efek psikologisnya memang saya rasakan paling mengganggu ketimbang efek fisiknya yang paling - paling cuma gangguan perut, pusing atau nggliyeng, ngantukan, kadang sesak nafas dsb. Pernah suatu malam jantung saya tibatiba berdebar terusterusan sampai subuh, sampai saya takut kalau ada apaapa dengan jantung saya. Sakit lambung saya juga kumat malam itu sampai saya mualmual. Setelah pagi tiba, debarnya agak hilang.

    Gangguan psikis ini yang bikin keinginan untuk merokok lagi teramat kuat, ada pikiran bahwa kalau merokok, gangguan2 itu akan hilang. Kenangankenangan "indah" saat masih merokok pun bertebaran dalam benak (main game sambil merokok, nonton tv sambil merokok, menelepon pacar sambil merokok, mendengarkan musik metal kesukaan saya atau memainkan gitar sambil diselingi merokok dsb) makin membuat saya 'frustrasi' dan membuat ingin merokok lagi.

    Sampai saat ini saya baru 30 hari lepas dari rokok. Memang 30 hari masih merupakan rentang waktu yang teramat pendek dibandingkan masamasa merokok saya yang telah dimulai sejak tahun 1993 (saat saya SMA) alias sudah hampir 20 tahun saya merokok. Tapi 30 hari tanpa rokok ini adalah pencapaian tertinggi saya, dan ini merupakan usaha pertama saya untuk berhenti merokok setelah 19 tahun saya menjadi perokok. Semoga bisa menjadi modal/bekal mental dan motivasi saya untuk meneruskan berhenti merokok.

    Akhir kata, saya suka blog anda makanya saya comment di sini. Padahal saya jarangjarang koment di blog manapun :)... btw kok tak ada update baru lagi ya di blog ini? hehe :)

    BalasHapus