Jumat, 15 April 2011

Serasa Puasa

Bulan puasa adalah bulan dimana umumnya para perokok mampu berhenti merokok hingga kurang lebih 12 jam sehari. Begitu juga saya, biasanya pada bulan ini entah kenapa tiba-tiba keinginan merokok ga muncul disiang hari. Tapi begitu waktu berbuka hingga menjelang tidur, merokok terus seperti membayar utang nikotin disiang hari tadi.


Selama hari-hari berpuasa ada rasa atau wangi yang berbeda. Bukan....bukan bau Ramadhan yang dikeluarkan oleh mulut orang yang berpuasa akibat perutnya kosong, bukan itu. Tapi ada perasaan aneh, bau-bau'an aneh yang lama ga tercium. Dinginnya udara saat berada dirumah, nafas yang lega dan kerongkongan yang terasa aneh itulah yang biasanya terasa pada saat bulan puasa. Juga terasa mata yang berat, rasa mengantuk yang khas banget, rasa malas dan sebagainya. 

Bagi saya, selama bulan puasa saya ga pernah lupa kalau saat itu saya sedang berpuasa. Orang lain mungkin pernah lupa, tapi saya sama sekali tidak. Bukan karena saya yang sangat hebat puasanya, bukan karena itu tapi lebih kepada perasaan-perasaan aneh selama bulan puasa. Perasaan seperti yang saya sebutkan tadi dalam diri saya telah terekam sebagai tanda saya sedang berpuasa. Entah gimana rasanya berpuasa sebagai orang yang tidak merokok, karena jujur saja saya baru benar-benar berpuasa saat kuliah tahun ke tiga. Sebelumnya saya sering bohong, ngaku puasa dirumah padahal siangnya makan di warteg.

Sekarang saat sudah lebih dari 2 minggu berhenti merokok, saya sering harus berpikir dua kali untuk minum atau ngemil. Saat haus dan ingin minum, tiba-tiba otak saya berpikir "duh ga boleh minum" kayak orang sedang puasa....padahal kan sekarang bukan Ramadhan. Beberapa detik kemudian baru saya ingat dan akhirnya bergerak mengambil segelas air. Gitu juga kalau mau ngemil. Ya selama 20 tahun merokok, pastinya ada hal-hal yang masih terekam dalam memori saya. 

Jadinya sekarang saya tau, bahwa perasaan-perasaan aneh yang selalu muncul saat bulan puasa adalah akibat rokok yang terputus suplai-nya. Perasaan itu yang biasanya jadi tanda bagi saya bahwa saya sedang puasa, ya mudah-mudahan puasa nanti karena saya tidak merokok lagi, jadinya saya sering lupa kalau sedang puasa kan lumayan tuh minum atau ngemil ga batal heheh. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar